EYESHIELD 21: 5 HAL YANG TIDAK MASUK AKAL



Eyeshield 21 merupakan salah satu anime yang pernah tayang menghiasi layar pertelevisian Indonesia. Bertemakan olahraga membuat anime ini memiliki cerita yang rasional dan masuk akal, dengan tambahan sedikit unsur fantasi dalam ceritanya. Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang tidak rasional di sepanjang cerita anime ini. Berikut 5 hal yang tidak masuk akal dalam Eyeshield 21:

Mohon sawerannya melalui saweria.co

1. Hiruma dengan senjatanya


Siapa yang tidak tau hiruma yoichi?? Quarterback paling cerdik sekaligus kejam yang hanya dimiliki deimon devil bats. Hiruma yang selalu memegang senjata bahkan saat pertandingan sedang berlangsung. Dan tanpa basa basi menembak ke arah manapun yang dia mau.

Ane tau ini bagian dari humor dalam cerita, namun mengingat jepang memiliki peraturan ketat tentang kepemilikan senjata api. Terlebih lagi hiruma yang masih duduk di bangku SMA membuat hal ini tidak masuk akal sama sekali.

2. Selisih kecepatan 0,1 detik



Masih tentang quarterback kejam kita, siapa lagi kalau bukan hiruma. Meski diberkahi pemikiran dan perhitungan yang luar biasa hebat, tapi tidak dengan kekuatan fisiknya. Terutama kecepatan rata-rata hiruma yang sangat sangat tidak sebanding dengan Eyeshield 21. Tapi bagaimana jika dibandingkan dengan agon yang memiliki refleks dewa?

Sena dengan kecepatan cahayanya saja tidak mampu melawan refleks dewa milik agon. Secepat apapun sena menghindari agon, tetap saja agon mampu mengejar dan menghentikannya. Namun Agon justru tidak mampu menangkap hiruma yang menurutnya memiliki kecepatan hanya 5.2 detik. Tapi ternyata hiruma telah meningkatkan kecepatannya menjadi 5.1 detik dan itu membuat agon tidak bisa mengejar ataupun mendekatinya sama sekali. Bagaimana bisa selisih 0.1 detik hiruma justru bisa mengalagkan agon? ). Masuk akal?? Hmmm???

3. Yukimitsu vs agon dan ikkyuu




Masih Ingat bagaimana sulitnya sena dan monta untuk mengalahkan mereka berdua?? Meski sudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya tetap tidak berguna. Tapi pemain yang tidak pernah ikut di pertandingan resmi justru mampu mengalahkan agon dan ikkyuu. Apa itu mungkin?

Yukimitsu manabu, receiver yang belum pernah mencicipi pertandingan sama sekali. Harus menjalani debut berat saat deimon sedang mengalami kebuntuan untuk mencetak touchdown. Dalam debutnya ia justru mampu membuat "option route" yang hanya dipahaminya dan hiruma. Tapi siapa sangka agon dan ikkyuu justru mengepungnya, dan siapa juga yang menyangka justru agon dan ikkyuu hanya terdiam melihatnya mencetak touchdown pertama untuk deimon. Sena dan monta yang sudah cukup hebat sangat sulit tapi yukimitsu yang baru menjalani debut mampu memgalahkan agon dan ikkyuu????

4. Formasi shotgun Seibu wildgunmen 



Seibu wildgunmen menjadi tim dengan fokus menyerang yang sama dengan deimon. Namun deimon yang lebih menggunakan taktik kombinasi rumit dalam menyerang, seibu justru lebih mengutamakan operan dengan formasi shotgunnya. Memanfaatkan quick draw milik kid dan banyak receiver bagai peluru shotgun yang menyebar sebagai tumpuan serangan. Formasi ini sering membuat tim lawan kebingungan untuk menjaga siapa receiver yang akan di oper. Bahkan linebacker kuat seperti shin tidak bisa berbuat banyak dengan formasi tsb.

Formasi shotgun milik seibu terlihat kuat bukan? Tapi ada kenyataannya kid lebih banyak menggunakan tetsuma sebagai tandem operannya. Bagi shin tetsuma menjaga harusnya bukan masalah besar, dan hal terburuknya adalah ketika tetsuma tidak mampu bermain formasi shotgun menjadi tidak berguna. Lalu apa fungsinya banyak receiver yang siap menyebar jika hanya perlu tetsuma untuk menyerang.

5. Kekuatan sakuraba


Hampir mirip seperti yukimitsu, sakuraba juga pemain kelas teri yang tidak bisa melakukan apa apa di lapangan. Sakuraba hanya mengandalkan tinggi badan, namun tidak dengan kemampuan menangkapnya. Di turnamen musim gugur ia justru tidak mampu menangkap operan mudah dari takami. Sejak saat itu dia bertekad untuk menjadi pemain hebat dengan mengikuti latihan berat yang dilakukan shin.

Latihan berat yang dilakukan sakuraba membuatnya menjadi salah satu pemain hebat. Namun yang aneh adalah di turnamen kanto sakuraba justru diakui sebagai salah satu penangkap terbaik di kanto. Mengalahkan monta yang notabene jauh lebih hebat dibanding dia pada musim gugur lalu. Jika membahas latihan berat yang diikuti sakuraba, monta juga melakukan latihan berat, seperti death march, death climb, dan death match. Tapi justru sakuraba yang diakui penangkap terbaik sebelum monta mengalahkannya dengan devil back fire. 

Komentar

  1. Siapa bilang Agon mampu mengejar Sena? Sena hanya tidak mampu melawan refleks dari Agon, tapi lain halnya dengan kecepatan. Shin pernah berkata "jika kau tertinggal 1 inchi daja dibelakang Sena maka kau tidak akan mampu menangkapnya". Jadi dalam kasus dimana Agon selalu dapat meredam pergerakan Sena karena mereka saling berhadapan satu sama lain, jadi bagaimanapun Sena mencoba melewati Agon, Agon selalu tahu arah mana yg akan diambil sena. Jadi sebelum Sena berhasil melewati Agon, Agon terlebih dahulu menghentikan laju Sena. Lain halnya joka seandainya Agon tertinggal di belakang Sena seperti yg dikatakan oleh Shin tersebut, maka Agon tidak akan mampu mengejar Sena. Perlu diketahui bahwa Agon tidak terlalu cepat dalam berlari, kelwbohan Agon hanyalah Refleks dewa dan kekuatan fisik. Itu makanya dia tidak mampu mengejar Hiruma. Sebenarnya sih dalam kecepatan, Hiruma masih kalah dari Agon. Cuma sayangnya saat Agon mengejar Hiruma, posisi Agon tertinggal jauh di belakang Hiruma. Saat Agon hampir menangkap Hiruma, Hiruma sudah terlebih dulu mencapai garis Goal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tonton eyeshield episode 116, disitu ada momen dimana agon tertinggal lebih jauh dari 1 inchi, tapi tetap terkejar dan memaksa sena untuk menutup mata agon sampai jatuh baru bisa lolos.

      Hapus

Posting Komentar