TIPS-TIPS GANTI VGA (Upgrade Hardware)

Seiring perkembangan game yang kian pesat sehingga membutuhkan PC dengan spek mumpuni untuk bisa memuaskan para gamer. Untuk mengikuti perkembangan tersebut dengan PC yang begitu begitu aja, kita perlu mengupgrade hardware seperti prosesor, ram, harddisk, vga dan sebagainya. dari sekian banyak hardware, yang menjadi pertimbangan pertama dan utama saat upgrade adalah VGA.
Bicara mengenai VGA tentu tidak akan ada habisnya, dari seri lama hingga seri terbaru, kapasitas VRAM, clock speed, brand, budget, dsb. Berikut beberapa tips yang dapat membantu sebelum upgrade VGA agar meningkatkan kinerja PC. 

1. Cek spesifikasi game yang ingin dimainkan.

Game menjadi alasan utama bagi gamer untuk meningkatkan kartu grafisnya agar bisa bermain game dengan kualitas tinggi. Tentu saja ini disebabkan karna game yang kita idam-idamkan ngelag saat dimainkan atau bahkan not responding (baca juga supaya game tidak nge-lag). Ya tentu upgrade VGA menjadi salah satu jawaban dari segala doa. Cukup googling nama game yang diinginkan ditambah system requirement, contoh "Watch Dogs 2 system requirement" dan taraa maka akan muncul spesifikasi yang dibutuhkan mengenai game tersebut.
2. Dukungan VGA terhadap perangkat lain

Sering pada saat upgrade kartu grafis tidak memperhatikan dukungan dari perangkat lain, hanya memikirkan tentang VGA yang keren. Saat VGA dipasang ternyata arus tidak kuat, atau casing terlalu kecil. Hal perlu diperhatikan adalah seberapa besar power supply yang kita miliki. pada umumnya VGA sudah memberikan informasi mengenai berapa watt yang dibutuhkan, atau bisa mengunjungi web ini. cukup dengan mengisi perangkat yang ada dikomputer kita dan kita bisa mengetahui berapa watt yang dibutuhkan. Selain itu kita juga perlu memperhatikan konektor 6 pin atau konektor 8 pin yang ada di beberapa seri VGA. Selanjutnya adalah casing, tentu kita tidak mau membuang uang sia sia hanya karna VGA yang dibeli ternyata tidak muat. Pastikan terlebih dahulu dimensi yang dimiliki dengan dimensi kosong yang ada di komputer kita.
3. Memasang VGA
Masih banyak orang yang berfikiran bahwa memasang VGA itu sulit, seperti install ulang, takut kesetrum, takut merusak komponen lain. Tenang saja, memasang VGA cukup sederhana alat yang dibutuhkan hanya sebuah obeng untuk melepas dan memasang mur. 
Pastikan komputer dalam keadaan mati lalu buka casing. lepas terlebih dahulu VGA lama (jika ada). Lalu ketika semua sudah siap, pasang VGA baru dengan tegas dan tentunya hati hati. terakhir pasang baut agar VGA tidak goyang, pasang casing, lalu hidupkan kembali PC. Pada umumnya driver akan terinstal otomatis, bisa menggunakan cd pendukung saat membeli VGA, atau dengan mendownload drivernya secara online

Nah sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Komentar