CARA TRANSFER FILE SMARTPHONE KE KOMPUTER/PC VIA WHATSAPP TANPA KABEL

Pernah mengalami kesulitan saat ingin memindahkan file dari smartphone anda ke komputer?? harus menggunakan kabel usb atau flashdisk OTG?? bagi kebanyakan orang hal tersebut cukup ribet di era modern saat ini, karena mungkin terjadi beberapa hal seperti kabel usb error, SD card tidak terbaca dikomputer, virus dsb. Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita perlu sebuah solusi untuk mentransfer file dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan Whatsapp.


Ya tentu saja, whatsapp yang selama ini dikenal sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik saat ini yang memudahkan kita untuk berbagi pesan, gambar, video, file, musik dsb. Tidak terbatas disitu, falisitas berbagi yang ada diwhatsapp dapat kita gunakan dalam membantu kita saat ingin berbagi antara smartphone ke komputer/PC. 

Bagaimana caranya??? 

penasaran?? 

Oke mari kita menuju ke langkah langkahnya sebagai berikut:


1. Whatsapp Web di PC/Laptop

Pastikan smartphone kamu sudah terinstal aplikasi whatsapp (ya pasti lah coy). Lalu pastikan smartphone dan PC/Laptop kamu terhubung ke jaringan internet (yang ini juga pastilah coy). Buka aplikasi whatsapp di smartphone kamu dan whatsapp web di PC/Laptop kamu. Bagi yang belum mengetahui cara buka whatsapp web di PC/Laptop bisa buka disini.

2. Buat grup whatsapp pribadi

Min grup pribadi apaan? namanya grup kan pasti rame rame, kok pribadi??

Tenang tenang, pertanyaan tersebut sekilas pasti terlintas dalam pikiran kamu. Grup pribadi disini sama seperti grup whatsapp yang biasnya hanya saja grup tersebut beranggotakan satu orang yaitu kamu sendiri sebagai adminnya.

Gimana caranya min? kok bisa bikin untuk sendiri? kan grup whatsaap anggotanya minimal 2 orang?

iya tenang tenang, mari kita lanjutkan lagi. Tentu saja saat membuat grup kita harus memilih setidaknya satu teman kita sebagai anggota grup. Lanjutkan saja seperti itu, kamu bisa pilih satu anggota grup kamu mungkin teman, rekan kerja, bos, gebetan, pacar, pacar orang, eitsss, kalo pacar orang jangan. 
Lebih baik pilih teman yang dekat dengan kamu, kenapa? karena saat grup tersebut telah dibuat, kamu harus mengeluarkan anggota digrup tersebut sehingga anggota digrup tersebut hanya kamu sendiri. Karena ingat, tujuan kita adalah membuat grup whatsapp pribadi yang beranggotakan kamu sendiri. Maka tampilannya akan sebagai berikut
catatan : bila anggota grup yang kamu invite lalu keluarkan bertanya, kamu harus menjelaskan dengan caramu sendiri ^_^).



3. Transfer file

Setelah grup pribadi dibuat, disanalah tempat kita berbagi file yang kita inginkan. Caranya cukup mudah, sama seperti berbagi dengan teman atau grup diwhatsapp yang lain. kita hanya perlu mengirim file bisa menggunakan attachment dengan logo seperti binder klip yang biasa terdapat di kanan bawah (smartphone) atau kanan atas (whatsapp web), atau dengan cara drop file yang kita inginkan ke grup pribadi tersebut. Maka secara otomatis apa yang kita kirim ke grup tersebut dapat diakses melalui smartphone ataupun komputer kita masing masing untuk mengunduhnya dan menyimpannya di smartphone atau PC/Laptop.

Selain tempat berbagi file, kita juga bisa menyimpan catatan-catatan penting kita seperti materi kuliah, materi kerja, biodata gebetan, kenangan mantan (kalo ini perlu dipertimbangkan bagi yang ingin move on) di grup pribadi tersebut.

Nah itulah solusi yang dapat membantu kita ketika ingin mentransfer foto, video, musik, file, aplikasi dst dari PC/Laptop ke Smartphone atau sebaliknya. Sekian untuk artikel kali ini dan selamat mencoba.


Catatan tambahan : Whatsapp membatasi untuk file yang bisa dikirimkan sebesar 64MB. Bagi kamu yang ingin memindahkan file yang lebih besar dari 64MB bisa melihat ke artikel disini.

Komentar