CARA MENGATASI LAG / NOT RESPONDING SAAT GAMING (GAMEPLAY) NVIDIA

     

Gaming merupakan napas bagi para gamer sejati (apalagi jomblo dimalam minggu). Seiring perkembangan game yang semakin menggila dan membutuhkan spek yang memadai, dengan PC High End tentu kita masih bisa bernapas dengan tenang tapi bagaimana dengan PC Low End??. dengan budget yang tidak memadai, komputer yang segitu-gitu aja, jika dipaksakan justru dapat membuat komputer kita nge-lag.

Mohon sawerannya melalui saweria.co

         
Ya, Lag adalah musuh bagi para gamer dengan PC spek rendah, kalau sudah begini biasanya yang muncul adalah emosi, frustasi, depresi sehingga hidup kita terasa dibatasi. Tapi tenang saja, PC spek rendah masih punya kesempatan dengan mencoba beberapa cara seperti yang akan kita bahas di artikel berikut.

1. Setting VGA Graphic
Pengaturan yang ada pada VGA Graphic merupakan hal penting khususnya saat kita bermain game. Banyak gamer yang tidak terlalu mengerti mengenai pengaturan tersebut, sehingga setting yang dibuat justru membuat PC High End nge-lag karena pengaturan yang salah. Kalau kita kurang memahami pengaturan terbaik, akan lebih baik jika pengaturan dikembalikan seperti pengaturan awal (restore). Cara ini admin sendiri pernah ngalamin dan gamenya pun bebas dari lag. Selain itu, terdapat juga software yang bisa membantu kita untuk mengatur sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, salah satu contohnya adalah geforce experience yang merupakan software keluaran dari nvidia.

2. Update driver VGA.

Cara yang kedua ini juga sangat membantu bagi para gamer. Seiring perkembangan game semakin pesat maka driver VGA juga perlu driver terbaru untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan gaming. Update driver bisa dilakukan online maupun offline. Bagi yang sudah memiliki geforce experience secara otomatis menerima pemberitahuan mengenai driver terbaru, hanya sekali klik bisa update otomatis. Kalau ingin update secara offline bisa kunjungi situs ini atau ini, masukkan spek PC, download lalu install dan driver kamu akan terupdate.

3. Check startup dan program tidak berguna.
Game masih lag juga, mungkin kebanyakan progam tak berguna atau start up yang mengganggu.


jika di dalam list program ada software yang tidak berguna atau tidak diketahui coba browsing mengenai software tersebut. Kalau tidak berpengaruh pada system langsung hapus saja, karena bisa jadi malware atau sejenisnya. Sama halnya startup yang bisa dicek melalui klik tombol "start" windows dan ketik msconfig, lalu cek pada tab startup.

4. Menutup aplikasi yang tidak perlu.
Hal ini tentu saja harus dilakukan, karena saat gaming sudah pasti kita harus fokus karena kalau main game itu gak main-main. 

5. Setting grafik game

Setelah melalui berbagai cara diatas dan game masih juga ngelag. Jika sudah begini maka tidak bisa dipaksakan lagi, kita harus mengurangi hasrat untuk gaming dengan kualitas grafik tinggi. Caranya ubah setting di gamenya menjadi low, meski kualitas game berkurang tapi setidaknya kita masih bisa menikmati game tanpa lag.

6. Cek system requirement game

Hal ini mungkin sering terjadi dikalangan game. Ketika game baru dirilis, dengan hasrat gaming yang tinggi, budget pas pasan, serta berharap pc sanggup memainkannya, sehingga langsung mencari game tersebut tanpa melihat kondisi PC sendiri. Dan saat dimainkan ternyata PC sangat jauh dari kata sanggup untuk bermain game tersebut. Tapi tenang saja, masih ada cara terakhir yang paling ampuh agar kita bisa bermain game dengan kualitas grafik yang sangat tinggi.

7. Upgrade hardware atau beli baru

Setelah semua percobaan telah dilakukan, setelah hasrat gaming yang semakin menurun, setelah harapan yang ada mulai menghilang. Tenang, masih ada harapan dengan cara yang terakhir yang dijamin ampuh untuk mengatasi masalah gamer yaitu upgrade hardware. Bagi pengguna PC akan lebih mudah karena bisa menggantinya satu persatu, akan tetapi bagi pengguna laptop cukup berat, karna yang bisa dilakukan hanya lem biru (lempar beli yang baru). 

Nah, itulah cara cara yang bisa dilakukan ketika lag saat bermain game. Kalau budget kita masih pas pasan untuk membeli hardware baru, kita masih bisa menikmati game dengan menonton para gamer via youtube. oke sekian artikel kali ini, selamat mencoba.

Komentar